Gerakan Pramuka Jakarta Utara Memberi Ruang Bagi Pemuda Pemudi Jakarta Utara - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, Juni 28, 2024

Gerakan Pramuka Jakarta Utara Memberi Ruang Bagi Pemuda Pemudi Jakarta Utara


JAKARTA

(Wartanasionalraya.com) - Sebagai upaya mempersiapkan kebutuhan akan jati diri yang bisa mandiri untuk bekal masa depan generasi muda. Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jakarta Utara mengadakan dan memberikan ruang kepada pemuda pemudi Jakarta Utara (penegak & pandega Gerakan pramuka) untuk memupuk dan membina kedisiplinan, membiasakan diri selalu berbuat dengan tertib, menanamkan rasa gotong royong, rasa tanggung jawab, memberikan ruang berkreasi dan berekspresi serta Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan membentuk Korps Protokol Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Utara atau disebut Sangga Protokol Kwarcab Jakarta Utara.


Sesuai dengan program kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Administrasi Jakarta Utara tahun 2019-2024, dengan program kerjanya melakukan pembinaan pada peserta didik penegak & pandega Gerakan Pramuka (pemuda pemudi) Jakarta Utara.


Dan sesuai dgn SK Kwarnas No.178 tahun 1979, tentang Petunjuk. Penyelenggaraan Upacara Di Dalam Gerakan Pramuka.


Pembentukan Korps /Sangga Protokol Pramuka Kwarcab Jakarta Utara tersebut bertujuan untuk membentuk Korps khusus yang bertugas dalam bidang keprotokolan dan berkoordinasi pada setiap kegiatan Gerakan Pramuka Jakarta utara.


Dalam pembentukan korps/sangga protokol pramuka saat ini Kwarcab Jakarta Utara berharap dapat memberikan ruang yang lebih luas pada adik-adik dalam bentuk petugas lain diluar keprotokolan upacara, baik menjadi tim penerima tamu/palang pintu sebagai pembuka acara, mengawali upacara formal, sesuai dinamika upacara di wilayah dengan mengangkat budaya kearifan local di Daerah Khusus Jakarta, menjadi host podcast, menjadi Host News, menjadi Tim Kesenian kwarcab Jakarta Utara dan bidang-bidang lain yang menjadi kebutuhan ketrampilan dan kemampuan khusus bagi pemuda pemudi Jakarta Utara (Penegak & Pandega).


Sebagai bagian dari tahapan proses pembentukan Korps/Sangga Protokol Gerakan pramuka kwarcab Jakarta Utara, pada Sabtu, 29 Juni 2024, dilakukan proses Audisi Dimana sebelumnya telah dilakukan proses seleksi administrasi dan syarat utama menjadi Korps Protokol.


Audisi korps/sangga Protokol atau Audisi Sangga Protokol Kwarcab Jakarta Utara dilaksanakan di Gedung Balai Yos Sudarso, kantor walikota Jakarta Utara.


Adik-adik Penegak & Pandega yang lolos Audisi akan menjadi Tim Sangga Protokol Kwarcab Jakarta Utara, tahapan selanjutnya akan memasukan tahapan pembinaan & pemantapan, Dimana nantinya adik-adik akan dibekali ilmu keprotokolan, manajemen kegiatan, public speaking, sikap kepribadian, baris berbaris serta Kepemimpinan.


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jakarta Utara Kak Drs. H.R. Budi Sulistiono, Msi. menyampaikan, bahwa pembentukan Koprs/Sangga Protokol tersebut selain untuk menumbuhkan disiplin diri, mampu mengukur kemampuan diri agar bisa terus mandiri serta mampu menjawab kebutuhan ruang berkreasi bagi pemuda dan pemudi juga dapat menumbuhkan rasa Nasionalisme terhadap bangsa dan negara, sehingga diharapkan dapat terlibat secara aktif memajukan kepramukaan di Jakarta Utara.


"Audisi juga diharapkan mampu melihat potensi dan kemampuan adik-adik penegak dan pandegan diluar bidang Kepramukaan khususnya dalam bidang Seni dan Kreatifitas, pada proses audisi Korps/Sangga Protokol yang diadakan, Kwarcab Jakarta Utara melibatkan Aktor-Aktor dan Seniman Indonesia untuk menjadi Tim Juri atau Tim seleksi, yaitu Sigit Hardadi dan Mario Maulana,"tambahnya.



(Hamron/Red. WNR)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page