Kendalikan Inflasi, Pemprov DKI Jakarta Gagas Panen Cabai Serentak - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Desember 20, 2023

Kendalikan Inflasi, Pemprov DKI Jakarta Gagas Panen Cabai Serentak


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Untuk mengendalikan stabilitas harga pangan, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama para Walikota dan Bupati di wilayah DKI Jakarta serta unsur pimpinan di sejumlah daerah seperti Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan DIY Yogyakarta melaksanakan kegiatan panen cabai dan kunjungan ke pasar serta gerakan pangan murah secara serentak, Rabu (20/12). 


"Hari ini, DKI Jakarta melaksanakan panen cabai serentak di 345 lokasi. Mari kita bersama-sama berupaya untuk mengendalikan inflasi di daerahnya masing-masing dan menjaga ketahanan pangan. Selamat berpanen cabai," tutur Heru Budi Hartono didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti saat melakukan panen cabai secara virtual. 


Sementara itu, acara panen cabai serentak juga dilakukan di wilayah Jakarta Utara yang dipimpin langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, dan jajaran terkait. 


"Kegiatan ini sudah menjadi serentak secara nasional dalam pengendalian pangan agar tidak terjadi lonjakan harga menjelang hari raya natal dan tahun baru. Ini menjadi suatu motivasi bagi kita untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan melakukan urban farming di lingkungan," ungkap Ali Maulana Hakim di Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka Green Garden RW 01 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. 


Ia berharap masyarakat bisa secara swadaya menerapkan urban farming walaupun di lahan yang terbatas. "Mengkonsumsi hasil dari menanam sendiri itu akan terasa berbeda dan lebih nikmat. Untuk itu, lakukan kegiatan ini secara rutin dan jadikan ini sebagai gerakan masyarakat Jakarta Utara bertani," imbaunya. 


Pada kegiatan panen serentak tersebut, puluhan lokasi di Jakarta Utara dijadikan tempat untuk memanen hasil pertanian maupun perikanan seperti halnya di lahan hamparan, rooftop Kantor Kecamatan, RPTRA, lingkungan pemukiman, dan lainnya. Sedangkan di lokasi KWT Cempaka Green Garden RW 01 Rorotan memiliki luas lahan 800 m2 dengan jumlah pohon mencapai 645 dan potensi panen 192 Kg.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page