Lima Kreasi Batik di Jakarta Utara, Ada yang Sudah Keliling Nusantara - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Oktober 02, 2023

Lima Kreasi Batik di Jakarta Utara, Ada yang Sudah Keliling Nusantara


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Jakarta Utara kian mengembangkan kreasi batik sebagai warisan budaya tak benda yang telah diakui dunia. Secara umum, terdapat lima kreasi batik yang mana satu diantaranya telah dikenal nusantara.


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Utara, Yenny Nursanti menyebut lima kreasi batik di Jakarta Utara yaitu Batik Marunda dan Batik Marhamas asal Kecamatan Cilincing, Batik Koja asal Kecamatan Koja, Batik Nirmala asal Kecamatan Tanjung Priok, dan Batik Tembayat asal Kecamatan Kelapa Gading.


“Kreasi batik di Jakarta Utara ada banyak. Kreasi batiknya punya desain yang berbeda-beda sesuai karakteristik masing-masing wilayah,” sebut Yenny Nursanti saat dikonfirmasi, Senin (2/10).


Seperti halnya Batik Marunda, kreasi pengrajin penghuni Rumah Susun (Rusun) Marunda ini telah dikenal seantero nusantara. Cukup sering batik ini dipamerkan dalam ajang penampilan fesyen (fashion show) di tingkat Provinsi DKI Jakarta maupun tingkat Nasional.


“Batik Marunda sudah sangat sering ikut ajang Fashion Show di tingkat DKI dan Nasional. Pernah juga sampai ikut Fashion Show di Medan, Sumatera Utara dan Lombok, Nusa Tenggara Barat,” ungkapnya.


Dia memastikan prospek kreasi batik jenis cap, tulis, dan printing yang ada di Jakarta Utara terus berkembang ke depannya. Ditambah dengan hadirnya pembinaan dari Dekranasda yang meliputi dari pembinaan pengembangan desain hingga pemasaran.


“Model dan desain batik di Jakarta Utara semakin hari semakin bervariasi. Bukan hanya yang bisa dikenakan untuk acara sakral atau resmi, tapi juga ada kreasi-kreasi batik yang model dan desainnya untuk acara santai. Bahkan ASN Jakarta Utara juga sudah mengenakan batik kreasi di Jakarta Utara, seperti Batik Marunda dan Batik Koja,” tutupnya.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page