BPJS Kesehatan Bersinergi Dengan PWI Jakarta Utara Untuk Edukasi Masyarakat - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, Juni 09, 2023

BPJS Kesehatan Bersinergi Dengan PWI Jakarta Utara Untuk Edukasi Masyarakat


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Dalam rangka memberikan edukasi serta pemahaman seputar informasi Program JKN yang sebenarnya kepada masyarakat dan sebagai lembaga yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, BPJS Kesehatan membutuhkan kolaborasi dengan media untuk menyebarluaskan hal tersebut secara langsung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara, Ropik Patriana saat melakukan sosialisasi dengan struktur Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Jakarta Utara di Kelapa Gading.


“Kalau untuk melakukan kegiatan sosialisasi, kami sudah sering sosialisasi tapi memang terbatas lingkupnya. Saat sosialisasi pasti penerimaan pemahamannya mungkin terbatas, mungkin yang menyangkut di masyarakat mungkin tidak akan sampai 100%. Untuk itu, BPJS Kesehatan membutuhkan media dan teman-teman wartawan bersinergi dengan kami sebagai sarana untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan mencari informasi tentang Program JKN. Terlebih sekarang media online sangat mudah diakses oleh masyarakat kapan saja dan di mana saja,” ujar Ropik.


Ropik menambahkan bahwa penduduk wilayah Jakarta Utara yang berjumlah lebih dari 1,8 juta penduduk, dan sudah 95% menjadi peserta JKN, maka BPJS Kesehatan Jakarta Utara fokus kepada meningkatkan mutu layanan, salah satunya dengan memastikan informasi tentang layanan JKN sudah sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Banyak ditemui kasus bahwa masyarakat tidak tahu apa yang harus dilakukan jika menemui masalah dalam layanan JKN. Untuk itu, Ropik berharap sebagai organisasi yang menaungi para wartawan, PWI khususnya di Jakarta Utara bisa menjadi salah satu yang dapat diandalkan oleh masyarakat dalam mencari wadah informasi.


“Karena sebuah informasi itu sangat luas pemahamannya, bisa jadi ada informasi sesat. Hal tersebut menjadi sesuatu yang krusial bagi kami sebagai lembaga layanan publik. Khususnya ketika masyarakat tidak tahu informasi padahal dia sedang membutuhkan JKN. Sedangkan seperti yang kita ketahui budaya membaca itu masih rendah, dan salah satu caranya melalui media untuk memberikan informasi yang valid kepada masyrakat. Karena itu edukasi sangat penting kami berikan kepada masyarakat untuk meluruskan antara informasi yang dimereka ketahui dan informasi yang sebenarnya tidak sinkron,” ujar Ropik.


Untuk itu Ropik mengungkapkan pentingnya bersinergi dengan media untuk menyebarluaskan informasi Program JKN. BPJS Kesehatan butuh mitra untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi tersebut. Terutama ketika ada berita negatif dapat dikonfirmasi dahulu, agar informasi yang sebenarnya bisa diklarifikasi. Ropik mengajak struktur PWI Jakarta Utara untuk mempunyai tujuan yang sama yaitu mengedukasi masyarakat tentang Program JKN.


“Setelah beberapa tahun sempat vakum, PWI Jakarta Utara pada bulan Maret 2023 kembali diisi oleh orang-orang terpilih untuk menjalankan kembali program-program yang sempat tertunda. Untuk itu sebagai ketua saya langsung ingin bersilahturahmi dan berkolaborasi dengan stakeholder yang ada untuk memajukan wilayah Jakarta Utara. Kami sudah bertemu dengan beberapa rumah sakit dan disambut baik oleh direkturnya. Dijelaskan ada program-program yang sudah ada terkait fasilitas kesehatan dan juga digitalisasi pelayanan kesehatan,” ujar Ketua PWI Jakarta Utara, Ilham Dharmawan.


Ilham menyampaikan bahwa ia dan seluruh struktur PWI Jakarta Utara siap untuk bekerjasama dan bersinergi dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara dalam rangka melakukan transformasikan dan menyampaikan informasi dan kegiatan BPJS Kesehatan kepada masyarakat. Ilham mengemukakan bahwa yang ia lihat, masalah yang ia lihat memang biasanya dari luar BPJS Kesehatan tetapi berimbas kepada BPJS Kesehatan. Untuk itu ia siap membantu untuk memberikan edukasi dan menyampaikan kepada masyarakat terkait fakta yang ada tentang Program JKN.



(Hamron/Red. WNR).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page