Gubernur Provinsi DKI Jakarta Panen Anggur Di Vero Grapes Farm Cilincing - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, Juli 22, 2022

Gubernur Provinsi DKI Jakarta Panen Anggur Di Vero Grapes Farm Cilincing


JAKARTA UTARA (Wartanasionalraya.com) - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan panen anggur di Vero Grapes Farm, Jalan Cakung-Cilincing RT 002 RW 001, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (22/7). Pada kegiatan ini Gubernur mengundang warga Jakarta untuk datang ke Vero Grapes Farm.


"Saya mengundang kepada pegiat,  masyarakat di seluruh wilayah Jakarta, sempatkan mampir ke sini, kemudian belajar, lalu gunakan pengalaman di sini untuk menumbuhkan hal yang sama di tempat masing-masing," kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.


Anies mengajak komunitas ataupun keluarga di Jakarta untuk dapat memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggalnya.

"Baik berbasis komunitas ataupun berbasis keluarga, bila di rumah ada lahan yang longgar, gunakan untuk tanaman anggur ini. Kami ingin agar anggur menjadi tanaman yang bisa ditanam oleh siapa saja, dan bisa dimakan oleh siapa saja. Karena selama ini anggur asosiasinya harganya mahal, nah kalau semua bisa menanam , maka semua akan bisa menikmati anggur," ucapnya.


Anies menambahkan yang disaksikan di sini ada contoh nyata sebuah kolaborasi. Bagaimana pemerintah memainkan peran sebagai kolaborator dan warga sebagai kokreator.

"Ini inisiatif awalnya dari seorang warga bernama Pak Sutarto. Pak Tarto yang biasa menjaga ditempat ini memutuskan untuk mengubah belukar menjadi kawasan untuk bercocok tanam. Perubahan yang luar biasa pada tempat ini kemudian menjadi sebuah tempat kita semua bisa belajar. Jadi tadi sudah dijelaskan oleh Bu Kadis, tentang anggur yang ditanam di Cilincing. Tidak terbayang Cilincing dan anggur itu sebagai satu kombinasi, Cilincing biasanya diasosiasikan dengan panas gersang, anggur diasosiasikan dengan sejuk, teduh, tinggi, dan sekarang justru di Cilincing tumbuh anggur dengan 70 jenis varian anggur," tuturnya.


Hadir bersama Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memanen anggur adalah Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelauran dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti Ali, Camat Cilincing, Anita Permatasari, Sekretaris Camat Cilincing, Idham Mugabe, Lurah Sukapura, Rosiwan, Kasudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto, dan Kasudin Kominfotik Jakarta Utara, Herlinda Harmaini.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page