Tim Kreatif BSB Tugu Selatan Kreasikan Galon Bekas Jadi Pot Tanaman Cantik - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, Juli 22, 2022

Tim Kreatif BSB Tugu Selatan Kreasikan Galon Bekas Jadi Pot Tanaman Cantik


JAKARTA UTARA (Wartanasionalraya.com) - Tim kreatif Bank Sampah Berkah (BSB) Kelurahan Tugu Selatan terus berinovasi untuk menyulap barang bekas menjadi produk yang bernilai ekonomis. Kali ini, galon air mineral ukuran 15 liter yang sudah tidak terpakai dikreasikan menjadi pot tanaman yang dapat mendukung terciptanya penghijauan lingkungan. 


"Ide awal pembuatan pot tanaman dari galon bekas minuman sudah dimulai sejak 2 bulan lalu. Selain tim kreatif BSB, proses pengerjaannya juga melibatkan warga setempat seperti halnya Abdul Kadir yang merupakan warga RT 01 RW 02 Tugu Selatan," jelas Lurah Tugu Selatan, Sukarmin saat dikonfirmasi, Jumat (22/7). 


Sedangkan bahan baku yang digunakan untuk pembuatan pot tanaman tergolong mudah didapatkan seperti halnya, galon air mineral bekas, kawat, pasir, semen, dan cat airbrush. "Sampai saat ini sudah terjual hingga 212 pot daur ulang dari galon bekas minuman. Untuk satu potnya dijual dengan harga Rp 15 ribu. Jika ada yang berminat untuk membeli dengan partai banyak tentunya kami akan kasih harga spesial," tambahnya. 


Berbagai inovasi akan terus ditingkatkan dalam upaya mengolah barang-barang bekas menjadi produk daur ulang yang bernilai tinggi. "Produk pot tanaman daur ulang yang dibuat tim kreatif BSB Tugu Selatan sudah banyak yang terjual dan dibeli oleh masyarakat termasuk bapak Walikota Jakarta Utara juga sudah menggunakannya," ujar Sukarmin. 


Ia berharap berbagai upaya yang sudah dilakukan dalam pemanfaatan barang-barang bekas akan menjadi lebih bermanfaat untuk lingkungan dan juga bisa menyerap tenaga kerja. "Mari kita cintai lingkungan dengan ikut menciptakan lingkungan yang bersih dan lebih indah," pesan Lurah Tugu Selatan.



(M.Rafi/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page