Masyarakat Kelurahan Sunter Agung Deklarasikan Stop BABS - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Desember 18, 2023

Masyarakat Kelurahan Sunter Agung Deklarasikan Stop BABS


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi pergerakan masyarakat dalam rangka implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan deklarasi Kelurahan Sunter Agung yang berhasil menjadi Kelurahan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Hal itu disampaikannya ketika menghadiri acara Deklarasi Kelurahan Sunter Agung Stop BABS di RPTRA Sunter Muara, Kecamatan Tanjung Priok, Senin (18/12). 


"Ini kegiatan yang bagus karena lingkungan menjadi sehat dan basisnya adalah masyarakat bukan program pemerintah tapi ini suatu gerakan dimana masyarakat yang bergerak kemudian pemerintah yang memfasilitasi," ungkap Ali Maulana Hakim didampingi Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Lysbeth Regina Pandjaitan, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Alwi, dan Camat Tanjung Priok, Ade Himawan. 


Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, drg. Ani Ruspitawati. "Hari ini kita sudah mampu mendeklarasikan bahwa Kelurahan Sunter Agung Stop BABS. Ini kerja yang luar biasa dan membutuhkan partisipasi dari semua pihak. Ada kolaborasi dan partisipasi masyarakat secara mandiri dan peran serta dari pemda dan swasta," ujarnya. 


Ia menegaskan bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) ujung tombaknya berada di masyarakat. "Dengan suasana deklarasi hari ini saya melihat dukungan yang luar biasa dari semua pihak. Saya rasa dengan tekad bersama-sama kita bisa mencapai itu dan dapat menjadi motivasi bagi wilayah lain untuk segera bergegas melaksanakan deklarasi," imbaunya. 


Sementara itu, Kasudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara, dr. Lysbeth Regina Pandjaitan menerangkan bahwa hingga saat ini sudah terdapat empat kelurahan yang mendeklarasikan sebagai Kelurahan Stop BABS atau 12,9% dari total kelurahan yang ada. "Empat kelurahan itu adalah Kelapa Gading Timur, Sunter Jaya, Kelapa Gading Barat, dan Sunter Agung. Nanti juga akan dilaksanakan deklarasi di Kelurahan Kamal Muara dan Ancol," tambahnya.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page