World Clean Up Day 2023 di Taman Waduk Pluit - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, September 10, 2023

World Clean Up Day 2023 di Taman Waduk Pluit


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim didampingi Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara, Edy Mulyanto, Kepala Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setko Administrasi Jakarta Utara, Ardan Solihin, dan Camat Penjaringan, Depika Romadi menghadiri kegiatan World Clean Up Day 2023 yang digagas oleh Lions Club di Taman Waduk Pluit, Kecamatan Penjaringan, Minggu (10/9). 


Adapun rangkaian kegiatan World Clean Up Day yang diselenggarakan di Taman Waduk Pluit meliputi aksi bersih-bersih waduk, pembagian tumbler, penyemprotan eco enzyme, pengumpulan sampah, penimbangan, dan lainnya. 


"Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Lions Club untuk mendukung rangkaian kegiatan World Clean Up Day 2023. Seperti kita ketahui bersama bahwa sampah yang kita hasilkan akan menjadi masalah besar jika tidak kita tangani dengan baik. Semua pihak bertanggung jawab terhadap sampah dengan peran dan fungsinya masing-masing," ungkap Ali Maulana Hakim. 


Ia menerangkan bahwa World Clean Up Day adalah hari bersih-bersih serentak sedunia merupakan aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi dari sampah karena sampah itu merupakan tanggung jawab bersama. 


"Terkait hal tersebut diatas, kita harus berupaya untuk segera melakukan pengurangan sampah yang dapat dilakukan dengan mulai mengurangi sampah di sumbernya (Rumah Tangga). Pemprov DKI Jakarta juga telah mengeluarkan Pergub 77 tahun 2020 tentang Pengelolaan sampah lingkup Rukun Warga yang telah merubah pola penanganan sampah dari KUPANG (Kumpul Angkut Buang) menjadi KUPILAH (Kurangi Pilah Olah)," jelasnya. 


Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat 261 RW percontohan di wilayah Jakarta Utara yang telah menerapkan metode mengurangi sampah di sumbernya dan diharapkan bisa terus bertambah. Untuk itu, Walikota berharap Lions Club bisa menjadi mitra kedepan bersama pemerintah dalam mengedukasi warga untuk mengurangi sampah dari sumbernya. "Saya juga berharap agar kegiatan ini menjadi sarana pendidikan bagi generasi muda untuk lebih peduli dengan lingkungannya," imbaunya. 


Pada kesempatan itu pula, Walikota juga mengajak kepada seluruh peserta World Clean Up Day untuk secara aktif berperan mengurangi polusi udara dengan cara melakukan penanaman pohon, melakukan uji emisi terhadap kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat, menggunakan transportasi umum, menggunakan kendaraan listrik, dan jangan membakar sampah dalam bentuk apapun.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page