Puskesmas Kelurahan Semper Barat II Adakan Pelatihan KKR di SMPN 231 Jakarta - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Agustus 21, 2023

Puskesmas Kelurahan Semper Barat II Adakan Pelatihan KKR di SMPN 231 Jakarta


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Belasan pelajar SMPN 231 Jakarta mengikuti kegiatan pelatihan Kader Kesehatan Remaja (KKR) yang diselenggarakan oleh jajaran Puskesmas Kelurahan Semper Barat II di Aula SMPN 231 Jakarta, Senin (21/8). 


Kepala Puskesmas Kelurahan Semper Barat II, drg. Lesti Harni menjelaskan ada 18 pelajar yang telah dilatih dan dikukuhkan sebagai KKR di SMPN 231 Jakarta. "Selama ini belum ada KKR di sekolah ini sehingga kita jadikan prioritas dalam pelaksanaan pelatihan KKR," ungkapnya saat dikonfirmasi. 


Sebagai pembekalan di bidang kesehatan, para pelajar mendapatkan tambahan wawasan dari sejumlah materi kesehatan yang disampaikan oleh narasumber. "Kita berikan penjelasan mengenai apa itu KKR, peran dan fungsinya kemudian Perilaku Hidup Bersih dan dan Sehat (PHBS) di sekolah, Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat ( PKHS), hipertensi pada remaja, obesitas, dan anemia," terang drg. Lesti Harni. 


Para pelajar juga dilatih tentang cara mengukur berat badan, tinggi badan, mengukur lingkar perut, menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT), mengukur tekanan darah, dan memeriksa jentik nyamuk di lingkungan sekolah. 


"Semoga anggota KKR bisa mempromosikan PHBS dan PKHS kemudian bisa menyebarluaskan informasi kesehatan kepada teman sebaya. Selain itu, terkait dengan pelatihan keterampilan psikososial diharapkan remaja mampu mengatasi pengaruh lingkungan terutama teman sebaya untuk mencegah perilaku berisiko dan mampu merespon ancaman untuk mencegah kekerasan fisik dan psikis," imbau Kepala Puskesmas Kelurahan Semper Barat II.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page