PMI Kota Palembang Pelajari Layanan Palang Merah di Jakarta Utara - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Juni 21, 2023

PMI Kota Palembang Pelajari Layanan Palang Merah di Jakarta Utara


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - PMI Kota Palembang, Sumatera Selatan melakukan kunjungan ke Markas PMI Kota Jakarta Utara. Kunjungan dalam rangka mempelajari kegiatan bidang pelayanan kepalang merahan di Jakarta Utara. 


Sekretaris PMI Kota Palembang, Handayani mengatakan, kedatanganya bersama rombongan dalam rangka mempelajari kemajuan yang telah dicapai PMI Kota Jakarta Utara. Dari sejumlah pemberitaan dan media sosial PMI Jakarta Utara dinilai sudah sangat berubah lebih dari sebelumnya. 


"Karena itu kami datang ke sini ingin belajar bagaimana mengembangkan layanan agar bisa mendapat trust dan dukungan publik," katanya, Rabu (21/6). 


Dijelaskan Handayani, selama ini dukungan operasional PMI Kota Palembang hanya berasal dari APBD saja. Kemudian, beberapa kegiatan juga mendapat dukungan dari CSR sejumlah perusahaan BUMN dan BUMD setempat. 


Kemudian, diakuinya tingkat kesadaran donor darah masyarakat di wilayahnya juga belum seperti di Jakarta Utara. Dalam setiap bulan pengumpulan donor darah di wilayahnya hanya berkisar 500 kantong saja. 


"Kami melihat dari intenet perkembangan di Jakarta Utara demikian pesat. Karena itu, kami ingin belajar agar bisa diterapkan di sana," tegasnya. 


Ketua PMI Jakarta Utara, Rijal menjelaskan, sejak terpilih awal 2022 lalu bersama jajaran pengurusnya segara melakukan sejumlah pembenahan. Mulai dari peningkatan fisik bangunan, sarana transportasi layanan dan memperkuat relasi dengan pemerintahan, stakeholder serta elemen masyarakat. 


Kemudian, pihaknya mengintensifkan berbagai layanan publik seperti layanan darurat 24 jam, merangkul berbagai organisasi untuk menggalang kegiatan donor darah dan membangun relasi strategis dengan pemerintah kota. Selain itu, pihaknya juga mengimplementasikan berbagai program kepalang merahan di sekolah seperti mengelar simulasi bencana melalui PMI Goes to School dan membuka eduwisata bagi sekolah di Markas PMI. 


Kemudian, berperan aktif dan menerapkan manajemen oengelolaan terbuka dalam setiap kebencanaan seperti gempa bumi di Sukabumi dan kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Hasilnya, terbangun kepercayaan dan dukungan publik kepada PMI Jakarta Utara. 


"Aksi sosial penanganan bencana itu menjadi acuan masyarakat dan perusahaan melihat eksistensi PMI. Lalu kami juga terus berupaya pardigma donor menjadi sedekah darah," tandasnya.



(Hamron/Red. WNR).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page