Dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Alami Atasi Gula Darah, Tak Perlu Suntik Insulin - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Juni 12, 2023

Dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Alami Atasi Gula Darah, Tak Perlu Suntik Insulin

 



JAKARTA -
 Saat ini gula darah yang tinggi menjadi masalah sebagian orang, baik yang masih berusia muda maupun sudah lanjut usia.



Tingginya gula darah dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa penyakit salah satunya kencing manis atau diabetes.


Penderita diabetes biasanya selalu mengandalkan suntikan insulin agar bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tidak melonjak.


Ternyata selain mengandalkan suntikan insulin, praktisi kesehatan dan juga pendakwah, dr Zaidul Akbar mengungkapkan ada cara alami untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.


Cara alami untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh tersebut disampaikan dr Zaidul Akbar dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal Youtuber dr Zaidul Akbar Official.

Dalam video tersebut, dr Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa penderita diabetes boleh mengkonsumsi roti, namun hanya sesekali saja


"Ini tips mudah supaya gak terjadi lonjakan gula setelah Anda makan yang tinggi gula tadi. Caranya gimana? Ini air lah ya, air begini ini sebelum Anda makan ya misalkan Anda pengen makan roti gak apa-apa makan aja, namanya juga manusia. Yang penting jangan sering-sering jadi bikin pola makannya," terangdr Zaidul Akbar. 



Untuk menjaga gula darah dalam tubuh tersebut, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk mengatur pola makan. 



Dimana menurutnya 80 persen yang kita makan harus sehat dan bergizi dan sisanya 20 persen boleh makanan yang kurang sehat



"80% produk yang masuk ke dalam tubuh itu produk sehat atau pangan sehat. 20% silahkan cheat lah. Mulai dikontrol dianya, jaga dianya mengendalikan kita," terang dr Zaidul Akbar. 



Kemudian dr Zaidul Akbar juga menyarankan sebelum makan untuk meneguk segelas air terlebih dahulu. Dimana menurutnya air tersebut sudah dicampur dengan satu sendok cuka apel atau cuka nanas.



"Nah, air kayak begini misalkan satu gelas begini atau mungkin setengahnya lah gitu kan. Anda mungkin campurkan satu sendok teh saja cuka apel, atau cuka nanas boleh, classic enzim boleh macam-macam, sifatnya cairan fermentasi atau probiotik juga boleh," pesan dr Zaidul Akbar.



Dengan cara tersebut, maka dikatakan dr Zaidul Akbar bisa membantu mengontrol gula darah dalam tubuh agar tidak naik dengan cepat


"Masukkin ke sini (segelas air) sebelum Anda makan yang tadi gulanya tinggi, ini Anda minum dulu. Apa manfaatnya? Banyak banget paling tidak mencegah terjadinya lonjakan gula pada saat Anda makan," papar dr Zaidul Akbar.


Dalam kesempatan tersebut, dr Zaidul Akbar menganalogikan gula darah dalam tubuh tersebut layaknya kereta di Jepang yang dipadati penumpang.



"Efek dari lonjakan gula yang tadi itu banyak, ini jadi masalah sebenarnya yang banyak orang tidak sadar. Ini analogi dulu jadi di Jepang itu kalau yang pernah pergi ke Jepang atau lihat di Youtube juga ada pagi-pagi itu karena penuh banget orang di pagi hari (naik KRL) di Jepang itu maka pemerintah ngasih petugas pengatur penumpang,"ungkap dr Zaidul Akbar. 



Dijelaskan dr Zaidul Akbar, cara alami mengantisipasi lonjakan dalam gula daerah layaknya mengatasi keramaian di dalam kereta. Dimana menurutnya ada petugas yang mengatur penumpang yang masuk.



"Fungsinya apa? Untuk mendorong tumpukkan penumpang untuk masuk ke dalam kereta. Selesai mereka masuk, pintu ditutup. Nah, tubuh kita itu juga sama," papar dr Zaidul Akbar.



Dr Zaidul Akbar melanjutkan, petugas yang mengatur tersebut pasti akan kelelaha, oleh karena itu menurutnya solusi terbaiknya adalah mengurangi penumpang agar perjalanan kereta tetap nyaman dana aman. 



"Pertanyaannya si petugas tadi apakah dia bisa letih? Pasti bisa, kan dia manusia bukan robot, yang pertama. Yang kedua penumpang itu kan banyak tiap pagi, petugas itu kan lama-lama capek jadi solusinya supaya gerbong tidak berat adalah caranya dengan mengurangi penumpang," jelas dr Zaidul Akbar.



dr Zaidul Akbar mengibaratkan gula darah atau glukasi dalam tubuh tersebut seperti penumpang, sedangkan insulin sebagai petugas yang berfungsi mengatur masuknya gula ke dalam sel



"Penumpang jangan seabrek itu masuk atau paling tidak keretanya diistirahatkan dan petugasnya juga diistirahatkan. Nah, penumpang itu adalah gula glukosa, petugasnya itu insulin hormon," papar dr Zaidul Akbar. 



"Tugas dari insulin itu adalah memasukkan gula ke dalam sel . Ya, dia gak boleh beredar si gula tadi ke pembuluh darah sebab kalau beredar dicek darahnya ternyata banyak gula," jelas dr Zaidul Akbar.



Ditegaskan dr Zaidul Akbar, dalam pembuluh darah tidak boleh ada gula pembuluh darah. Karena menurutnya bisa menyebabkan darah tinggi hingga kencing manis.


Dijelaskan dr Zaidul Akbar cara alami untuk menghindari lonjakan gula darah adalah dengan mengurangi. Cara mengurangi dengan cara mengurangi asupan kalori dengan berpuasa.


"Apa maksudnya dikurangi? Kalau dikurangi mah gampang berarti Anda mengurangi asupan kalori yang masuk entah itu puasa atau Anda mengubah penumpangnya," ungkap dr Zaidul Akbar.


Kemudian cara lain menurut dr Zaidul Akbar adalah dengan mencampur nasi dengan biji-bijian yang mengandung banyak serat.

 

(Red. WNr/Jkt).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page