PELABUHAN BENOA BERHASIL DISANDARI KAPAL PESIAR TERBESAR MSC MAGNIFICIA - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, April 09, 2023

PELABUHAN BENOA BERHASIL DISANDARI KAPAL PESIAR TERBESAR MSC MAGNIFICIA

 

 





BENOA (Wartanasionalraya.com) -
Pelabuhan Benoa Bali telah mencatat sejarah baru dalam layanan kapal cruise di Indonesia. Pada hari Selasa tanggal 4 April 2023, Pelabuhan Benoa melayani dua kunjungan kapal dalam waktu bersamaan, yaitu KM. Binaiya dan MSC. Magnifica yang merupakan kapal cruise terbesar yang pernah sandar di pelabuhan ini.


Keberhasilan Pelabuhan Benoa dalam melayani kedatangan kapal cruise terbesar ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk dapat memacu semakin banyaknya kapal-kapal serupa yang bersandar di Pelabuhan Benoa, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi pariwisata di Indonesia khususnya Bali dan sekitarnya.


Kepala KSOP Kelas II Benoa, R. Sadeli mengatakan MSC Magnifica memiliki bobot 95.128 GT dan panjang mencapai 294 meter, kapal ini membawa sekitar 3000 penumpang yang akan menikmati keindahan pulau Bali.


"Pelayanan penyambutan dilakukan dengan tarian adat Bali seperti tari cendrawasih dan penyembahan, serta diiringi oleh gamelan khas Bali untuk menyambut penumpang dan awak kapal," ungkapnya.


Dia menjelaskan bahwa kehadiran MSC Magnifica menjadi sebuah kebanggaan bagi Pelabuhan Benoa. Pelabuhan ini berhasil menyiapkan fasilitas dermaga yang dapat menampung kapal berukuran besar tersebut.


"Kehadiran kapal ini juga diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi pariwisata di Bali," ujarnya.


Kantor KSOP Benoa sebelumnya telah mempersiapkan kedatangan kapal tersebut dengan melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait dan mengatur rencana sandar agar fasilitas dermaga yang ada dapat dimaksimalkan untuk pelayanan kapal berukuran besar tersebut.


Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan layanan penumpang cruise di Pelabuhan Benoa, PT Pelindo telah menyiapkan sejumlah fasilitas di terminal penumpang, seperti fasilitas money changer, ATM, stand informasi, dan stand UMKM yang menyediakan oleh-oleh serta cinderamata yang bisa dibeli oleh para wisatawan.


MSC Magnifica dijadwalkan akan bersandar selama 2 hari di Pelabuhan Benoa sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Singapura.


R. Sadeli berharap keberhasilan Pelabuhan Benoa Bali dalam melayani kapal-kapal cruise besar seperti MSC Magnifica dapat menjadi langkah awal untuk mendorong pemulihan ekonomi pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan.


"Pelabuhan Benoa Bali siap untuk terus mengembangkan dan memperluas jangkauan layanan kapal cruise di Indonesia, sehingga dapat menarik minat para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk menikmati keindahan pulau Bali dan sekitarnya," tutupnya.


(Dedy/Wnr/Perhubungan Laut).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page