KAPAL KM. DOBONSOLO ANGKUT DUA RIBUAN PEMUDIK PESEPEDA MOTOR ARUS BALIK DARI SEMARANG KE JAKARTA - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, April 28, 2023

KAPAL KM. DOBONSOLO ANGKUT DUA RIBUAN PEMUDIK PESEPEDA MOTOR ARUS BALIK DARI SEMARANG KE JAKARTA



SEMARANG (Wartanasionalraya.com) 
- Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sore ini Jumat (28/4/2023) kembali melepas dua ribuan peserta arus balik mudik gratis sepeda motor dengan kapal KM. Dobonsolo dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. 


Pelepasan ini dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno  didampingi  Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup,  Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, Direktur  Lalu Lintas dan Angkutan Laut yang diwakili Kasubdit Data dan Sistem Informasi, Eko Sudarmanto,  Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Tanjung Emas, Herwanto dan para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


"Sore ini, kapal KM. Dobonsolo kembali mengangkut para pemudik gratis sepeda motor sebanyak 2.092 orang penumpang dan 847 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta,” ujar Sumarno di Pelabuhan Tanjung Emas, Jumat (28/4).


Sebelumnya, tepatnya pada hari Selasa (25/4) lalu, kapal KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni  juga telah mengangkut sebanyak 1.083 penumpang dan 481 sepeda motor yang merupakan peserta pemudik gratis sepeda motor dari Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.


Menurut Sumarno  program mudik gratis sepeda motor dengan kapal Ini sangat bagus dan membantu sekali khususnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas jalan raya yang akan kembali ke Jakarta.


Selain itu mudik dengan kapal ini juga lebih aman dan nyaman sebab selain gratis, para pemudik juga dapat fasilitas makan dua kali, asuransi dan fasilitas lainnya seperti pengobatan dan hiburan di atas kapal.


‘kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang menggunakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal, karena sangat membantu dalam mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya selama lebaran. Dengan naik kapal ini, mereka bisa  istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang nanti bisa melanjutkan perjalanan  ke kota masing-masing," kata Sumarno.


Sementara itu, menurut Staf Ahli Menhub Bidang Kawasan dan Lingkungan Hidup, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan untuk yang kedua kalinya, kapal KM. Dobonsolo kembali mengangkut ribuan penumpang arus balik yang merupakan peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan merupakan voyage terakhir pada penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2023 ini.


“Alhamdullilah, sampai sore ini penyelenggaraan angkutan mudik dan angkutan balik gratis sepeda motor dengan kapal telah berjalan lancar dan sukses," ujarnya.


Ia berharap agar para peserta arus balik mudik gratis ini untuk tetap menjaga keselamatan dan dihimbau kepada para pemudik agar tidak berdiri di pinggir-pinggir kapal serta tidak merokok sembarangan karena bisa membahayakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan di kapal. 


Selanjutnya, Ia juga mengatakan atas nama Pemerintah, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kepadatan dan kecelakaan di jalan raya.


Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2023 ini, yaitu “Mudik Aman  Berkesan”. 


(Dedy/WNR/Perhubungan laut) 

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page