Vezo Grapes Farm Jakarta Utara Majukan Potensi Budidaya Anggur - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, Desember 13, 2022

Vezo Grapes Farm Jakarta Utara Majukan Potensi Budidaya Anggur


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Lahan terbatas yang berada di area SPBU Jalan Kompleks KBN RW 01 Kelurahan Sukapura, Kecamatan Cilincing dimanfaatkan menjadi lokasi budidaya anggur yang diberikan nama Vezo Grapes Farm. Hingga kini, kebun anggur binaan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara itu telah memiliki 70 varietas anggur dengan aneka rasa. 


"Vezo Grapes Farm ini menjadi salah satu pilihan alternatif dalam pengembangan urban farming dan swasembada pangan di Jakarta Utara. Kita akan terus dorong minat masyarakat untuk menanam dengan memberikan stimulan bahwa ini ada manfaatnya bukan hanya bisa dikonsumsi dan menambah perekonomian keluarga tapi juga sebagai upaya untuk meningkatkan penghijauan lingkungan," terang Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim di Vezo Grapes Farm, Selasa (13/12). 


Sejak pandemi Covid-19, banyak warga yang suka menanam sehingga ada gerakan gemar menanam. "Setelah pandemi melandai, kita akan tingkatkan terus semangat masyarakat untuk menanami lingkungan. Anggur ini termasuk tanaman mewah dan bisa ditanam diberbagai tempat seperti pekarangan rumah, SPBU, Rusun, dan lainnya. Ini sudah bisa dibuktikan di Vero Grapes Farm. Pastikan bibit dan media tanamnya bagus kemudian cukup matahari," ungkapnya. 


Pengembangan budidaya anggur di Vero Grapes Farm juga mendapatkan dukungan dari Komunitas Anggur Jakarta dan menarik minat Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk mengadakan acara Talk Show Kostratani Ngobrol Asyik Penyuluhan On The Spot di Vero Grapes Farm. 


"Meskipun lahan sempit tapi bisa menghasilkan duit dengan menanam anggur berarti itu produktif. Saya apresiasi terhadap Komunitas Anggur Jakarta khususnya Jakarta Utara yang sudah berjuang keras dengan tekun dan rajin untuk menanam anggur. Saya juga berikan apresiasi kepada bapak Walikota yang sangat mendukung untuk pembangunan pertanian dengan urban farming," jelas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dedy Nursamsi. 


Saat pelaksanaan acara Talk Show juga dihadiri oleh Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto, Camat Cilincing, Anita Permata Sari, Lurah Sukapura, Rosiwan, Pengelola Vezo Grapes Farm, Tarto Blendhot, anggota Komunitas Anggur Jakarta, dan unsur terkait lainnya. "Untuk masyarakat luas, ayo tanamlah anggur biar kita bisa menjadi petani mandiri. Sekitar tiga bulan, usia anggur sudah bisa berbuah dan kita sudah buktikan bahwa anggur bisa tumbuh di Cilincing," ujar Tarto.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page