Masuk Peringkat Dunia, Esport Indonesia Dorong Penguatan Sektor Ekonomi Hingga Sosial Budaya - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Desember 14, 2022

Masuk Peringkat Dunia, Esport Indonesia Dorong Penguatan Sektor Ekonomi Hingga Sosial Budaya



Jakarta — (wartanasionalraya.com)

Perkembangan esports di Indonesia telah terjadi dengan sangat pesat, hal tersebut sekaligus mampu untuk terus mendorong adanya peningkatan pada sektor ekonomi, sosial hingga budaya dengan sangat efektif.


Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan menegaskan komitmen sangat kuat yang dimiliki oleh asosiasi pimpinannya tersebut untuk terus mengawal perkembangan esports di Indonesia.


Bahkan menurutnya, sejauh ini dengan perkembangan yang sangat signifikan, maka perlahan persepsi mengenai esports sudah bergeser, dari yang dulunya dianggap sebagai sebatas permainan belaka, kemudian menjadi dianggap hal yang banyak mendatangkan manfaat untuk generasi muda.


Tentunya, pembinaan, dukungan hingga penyediaan segala fasilitas pun terus dilakukan oleh PB ESI hingga mampu terus membina para generasi muda penerus bangsa.


Bahkan menurut Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, banyak aspek dalam esports yang sangat efektif mengasah kemampuan para anak muda untuk menjadi generasi yang unggul.


Lebih lanjut, dengan perkembangannya yang begitu menakjubkan, esports di Indonesia juga dianggap mampu meningkatkan potensi ekonomi, sosial hingga budaya.


“PB ESI ingin memastikan perkembangan esports di Tanah Air tidak hanya sekedar menjadi jenis permainan belaka. Akan tetapi harus dikembangkan agar memiliki banyak manfaat lain bagi pembinaan generasi muda. Selain aspek permainan, esports bermanfaat untuk mengasah kemampuan anak muda untuk menjadi generasi yang unggul. Demikian pula, esports kita arahkan menjadi sebuah cabang olahraga baru yang tumbuh pesat bersama potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang besar," tutur Jend Pol (Purn) Budi Gunawan, Rabu (14/12/2022).


Tidak tanggung-tanggung, bahkan target yang ditetapkan oleh pria yang juga menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut adalah supaya ekosistem esports Indonesia bisa memimpin di kawasan Asia.


“Misi kita adalah mendorong pertumbuhan esports Tanah Air dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat esports yang paling aktif dan menarik, minimal di Asia,” tegasnya.


Mengetahui bagaimana kerja keras dan juga komitmen sangat kuat yang telah dimiliki oleh PB ESI selaku asosiasi yang mewadahi esports di Indonesia, Presiden International Esports Federation (IESF), Vlad Marinescu pun memberikan apresiasi sangat besarnya.


Menurutnya memang sejauh ini perkembangan yang terjadi pada ekosistem olahraga elektronik tersebut di Tanah Air sama sekali tidaklah main-main.


Seluruh kemajuan pesat tersebut, baginya memang sama sekali tidak bisa dilepaskan dari peranan penting PB ESI.


Bahkan, Vlad kemudian mengimbau kepada banyak negara di dunia jika ingin mengawal esports di negara mereka supaya menjadi lebih maju, agar bisa mencontoh seluruh upaya yang telah dilakukan oleh asosiasi pimpinan Budi Gunawan ini.


“Di bawah naungan PB ESI, ekosistem esports Indonesia kini tertata dengan baik, melibatkan berbagai elemen, serta memberikan apresiasi kepada atlet yang sesuai dan proporsional. Negara-negara lain dapat menjadikan Indonesia dan PB ESI sebagai contoh untuk perkembangan infrastruktur dan pembentukan federasi esports di negaranya. Ke depannya, Indonesia bahkan mampu menjadi pusat esports dunia,” tuturnya.


(Ys/WNR)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page