Hadirkan Ruang Ketiga, Pemkot Jakarta Utara Akan Bangun Fasilitas Taman Cincin - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Desember 28, 2022

Hadirkan Ruang Ketiga, Pemkot Jakarta Utara Akan Bangun Fasilitas Taman Cincin


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Lahan seluas 7.952 m2 yang berada di Jalan Bisma Utara, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok akan menjadi target lokasi penataan kawasan dalam bentuk pembangunan Taman Cincin. Direncanakan, tahapan pembangunan di lahan aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu akan dimulai pada triwulan I tahun 2023 dan diharapkan dapat rampung di tahun 2023. 


"Tahap awal pengerjaan proyek Taman Cincin berfokus pada pembangunan mushola dan sentra kuliner yang akan menggunakan dana dari Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta maupun Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara. Untuk tahap pengembangan berikutnya akan menggunakan dana APBD dari setiap UKPD terkait sesuai indikasi 

program," ungkap Kepala Seksi Perencanaan Ruang dan Pertanahan Sudin Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara, Yanuar Riyadi saat dikonfirmasi, Rabu (28/12). 


Ia pun menerangkan bahwa pemberian nama Taman Cincin terinspirasi dari identitas Waduk Cincin serta lingkaran cincin yang melambangkan bentuk gelombang dan menggambarkan lokasi di daerah pesisir Jakarta Utara. Sedangkan lingkaran sebagai bentuk organik yang selaras dan sinergis dengan Waduk Cincin serta kawasan Jakarta International Stadium (JIS). 


Apalagi lokasi Taman Cincin merupakan barrier kawasan antara kawasan perumahan yang bersifat private dengan kawasan wisata di sekeliling Waduk Cincin yang bersifat publik. Berlokasi dekat dengan JIS, Waduk Cincin, dan Hutan Kota Waduk Sunter Utara menjadikan Taman Cincin berpotensi menjadi tempat rekreasi favorit warga Jakarta. 


"Diharapkan nantinya Taman Cincin dapat menjadi “ruang ketiga" sebagai ruang bermain, edukasi, wisata, dan berkumpul bagi para komunitas maupun warga sekitar. Ruang ketiga ini juga akan dilengkapi dengan sarana mushola dan olahraga seperti lapangan olahraga dan Culinary Zone yang dimanfaatkan sebagai tenant UMKM kerjasama dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta dan Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Utara," jelasnya. 


Adapun rincian kelengkapan fasilitas yang akan dibangun di area Taman Cincin sebagai berikut ; Green Open Space dengan luas 2.880 m2 (Plaza, Green Belt, Seating Area dan Playground Anak), Culinary Zone (Sentra Kuliner UMKM dengan kapasitas 24 tenant dan Area Dine In Seating Outdoor seluas 210 m2). 


Selanjutnya, Lapangan Olahraga Multifungsi (Lapangan Basket 467 m2 dan lain-lain), pembangunan mushola luas 356 m2, fasilitas parkir kendaraan seluas 1.243 m2 (kapasitas parkir 4 minibus, 24 mobil, dan 50 motor), fasilitas pendukung Taman (Toilet, Landmark, Signage Informasi, Pos Jaga, CCTV, WiFi, Lampu Taman, dan lain-lain).



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page