Dukung Rehabilitasi Mangrove Nasional: SPSL Tanam 25 Ribu Lebih Bibit Mangrove - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Desember 05, 2022

Dukung Rehabilitasi Mangrove Nasional: SPSL Tanam 25 Ribu Lebih Bibit Mangrove


Jakarta, 2 Desember 2022

(Wartanasionalraya.com) - PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL yang merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak usahanya melaksanakan Penanaman Mangrove sebanyak 25.100 bibit di pesisir pantai Mangkang Wetan dan tambak Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu Kota Semarang.


Bertempat di Desa Mangunharjo, Kecamatan Tugu Kota Semarang, Jumat (2/12) kegiatan seremonial penanaman mangrove dilakukan oleh SPSL dan turut dihadiri oleh Walikota Semarang yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, FX Bambang Suranggono, S.Sos., Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum., Ketua SDGs Center Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si., Direksi SPSL, Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono, Direksi anak usaha SPSL group, dan para pejabat daerah di lingkungan Mangkang Wetan dan Mangunharjo.


Program Penanaman Mangrove dengan tema “Mangrove Lestari, Bangkitkan Ekonomi” ini kami laksanakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan serta sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif SPSL untuk mendukung program Pelindo dalam rehabilitasi mangrove nasional,” ujar Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha (2/12).J


Joko Noerhudha mengatakan partisipasi SPSL dalam mendukung Program Rehabilitasi Kawasan Mangrove dapat memberikan banyak dampak positif, yaitu akan melindungi dari adanya abrasi air laut, dapat menurunkan emisi karbon sebagai upaya dalam pemenuhan Sustainable Development Goals (SDG). Selain itu, Tanam mangrove ini  mempunyai potensi yang sangat baik, yaitu dapat dijadikan bahan kerajinan seperti bahan pewarna alami, tepung, sirup mangrove dan sebagai bahan dasar batik eco print, dan akhirnya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga ekosistem mangrove yang dapat membantu meningkatkan taraf hidup bagi masyarakat. Hasil pengelolaan mangrove mulai dari produk minuman dan makanan serta batik mangrove merupakan produk unggulan dan potensial bagi masyarakat Kelurahan Mangunharjo.


Dalam Program Penanaman Mangrove ini, SPSL dan Anak Perusahaan yakni PT Multi Terminal Indonesia, PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia berkolaborasi dengan petani pohon mangrove yang tergabung dalam kelompok Tani serta Yayasan Pemuda Konservasi Indonesia selaku penggiat Mangrove dikawasan Mangunharjo. Penanaman bibit mangrove berjenis rhizophora mucronate (bakau) dan bruguierra sp ini dilakukan di 2 (dua) lokasi yaitu di pantai pesisir Mangkang Wetan dan Tambak Mangunharjo dengan luasan kurang lebih 3 hektar. 


“Sebagai Sub Holding BUMN, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang sejalan dengan program Pemerintah yakni percepatan rehabilitas mangrove nasional sebagaimana yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sehingga secara bertahap dapat mengembalikan keutuhan mangrove Indonesia,” tutup Joko Noerhudha.



(Hamron/Red. WNR).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page