Mitigasi Bencana, Kolinlamil Normalisasi Saluran Air di Kawasan Marunda - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, Maret 31, 2022

Mitigasi Bencana, Kolinlamil Normalisasi Saluran Air di Kawasan Marunda



 JAKARTA UTARA (Wartanasionalraya.com) Pemukulan kendi menjadi pertanda dimulainya proses normalisasi saluran air di Jalan Gudang Peluru, Kelurahan Marunda, Cilincing Jakarta Utara, Kamis (31/3).


Normalisasi saluran air yang bertujuan mitigasi bencana banjir diinisiasi Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI Angkatan Laut berkolaborasi dengan Kota Administrasi Jakarta Utara dan PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN).


Panglima Kolinlamil TNI Angkatan Laut Laksda TNI Erwin S. Aldedharma mengatakan program normalisasi saluran air ini merupakan bentuk Manunggal TNI kepada masyarakat di Kelurahan Marunda dalam upaya mencegah terjadinya banjir. 


Bahkan lebih dari itu, hasil normalisasi saluran air ini turut menciptakan ruang terbuka yang diisi dengan beragam kegiatan ketahanan pangan yang dapat dinikmati masyarakat sekitar.


"Lahan ini nantinya dapat dimanfaatkan untuk penghijauan, ketahanan pangan maupun kegiatan wisata warga," kata Laksda TNI Erwin S. Aldedharma dalam sambutannya di Jalan Gudang Peluru, Kelurahan Marunda, Cilincing Jakarta Utara, Kamis (31/3).


Disebutkannya, saluran air yang akan dibuat pada lahan milik TNI AL seluas 8,5 hektar juga berisi lahan pertanian, waduk, embung dan lokasi pertanian perkotaan.


Untuk itu, Manunggal TNI ini turut berkolaborasi bersama sejumlah Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Utara meliputi Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH), Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP), hingga aparatur kecamatan dan kelurahan.


"Terima kasih atas kesediaan dan dukungan Kota Administrasi Jakarta Utara beserta jajaran dalam pelaksanaan kegiatan normalisasi saluran ini," ungkapnya.


Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi Kolinlamil TNI Angkatan Laut yang telah membuka pintu dalam proses pembangunan saluran air yang melintasi area aset milik TNI AL.


Saluran air ini pun akan berdampingan dengan Sungai Tiram dan Sungai Blencong yang merupakan muara dari beberapa saluran di Kelurahan Cilincing dan Kelurahan Marunda menuju Laut Jawa di Kawasan Marunda.


"Niat yang baik hendaknya segera dilakukan dengan baik agar hasilnya segera dapat dirasakan oleh warga sekitar, yang nantinya bisa difungsikan juga sebagai lokasi wisata mancing, latihan penanggulangan bencana banjir yang melibatkan seluruh stakeholder," tutupnya.

(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page