TPS Surabaya Kembali Aktifkan Angkutan Logistik KERETA API, Apakah akan diminati ? - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, Oktober 18, 2021

TPS Surabaya Kembali Aktifkan Angkutan Logistik KERETA API, Apakah akan diminati ?


SURABAYA (wartanasionaraya.com) – Awal bulan lalu (03/09/2021) angkutan logistik kereta api kembali aktif beroperasi di Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Dengan Jadwal keberangkatan kereta api logistik ini sudah terjadwal secara regular untuk kargo impor dengan jadwal
closing pukul 17.00 WIB dan jadwal keberangkatan dari TPS setiap pukul 22.00 WIB.


Direktur Operasi TPS, Bambang Hasbullah menyampaikan bahwa reaktivasi jalur angkutan logistik menggunakan kereta api ini dilaksanakan untuk memperlancar arus barang dari dan ke pelabuhan, serta sebagai bentuk dukungan TPS terhadap program Sinergi BUMN, dalam hal ini adalah sinergi antara KAI dan Pelindo.


Selain itu, penggunaan kereta api dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan raya, serta sekaligus mampu mempercepat pergerakan barang karena memiliki jalur khusus yang bebas dari hambatan.


Fasilitas TPS dilengkapi dengan 2 (dua) jalur kereta api, yang masing-masing mampu mengakomodir angkutan KA Barang Petikemas dengan rangkaian 10 GD (Gerbong Datar). Dengan demikian, apabila kedua jalur tersebut dimanfaatkan secara bersamaan, maka total kapasitas muat TPS adalah 20 GD, masing-masing berkapasitas 40 TEUs.


“Untuk tahap awal keberangkatan ini Kereta Api Logistik membawa muatan penuh 10 GD. Kami percaya, ini adalah langkah awal yang baik untuk memulai pengoperasian kembali jalur angkutan barang melalui kereta api,” kata Bambang.


Saat ini, kata Bambang rute yang tersedia masih melayani Surabaya - Jakarta, upaya untuk menambah rute yang dilayani akan terus dilakukan, mengikuti kebutuhan pelanggan.


(RED. WNR)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page