KRI Banjarmasin 592 Turunkan 2 BATALYON Amankan PERBATASAN - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, Juli 19, 2020

KRI Banjarmasin 592 Turunkan 2 BATALYON Amankan PERBATASAN


WARTA NASIONAL ( Jakarta) -  KRI Banjarmasin 592 debarkasi 2 batalion TNI AD yang tiba di Pelabuhan Utama Jayapura, Jumat (17/7), dalam rangka pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan di wilayah Timur.

Dua Batalyon TNI AD yang berasal dari dua batalyon tersebut Yonif 100/Prajurit Setia dan Yonif 312/Kala Hitam yang diterima langsung oleh Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi Korem 172/PWY dengan upacara penerimaan Satgas Pamtas yang berlangsung dengan hikmat.

Proses debarkasi sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, saat para prajurit turun dari kapal langsung di ukur suhu tubuh, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan baik prajurit maupun perlengkapannya serta melaksanakan rapid test.

Seluruh prajurit melaksanakan protokol covid-19 sebagai upaya mencegah penyebaran virus tersebut masuk ke wilayah Papua.

Komandan KRI Banjarmasin 592 Letkol Laut (P) Sobarudin mengatakan selama lintas laut kondisi platform maupun sewaco serta mesin kapal dalam kondisi siap layar. Begitupun Kondisi para awak KRI pun siap secara fisik dan profesional dengan berlatih selama operasi.

“Kondisi platform maupun sewaco serta mesin kapal dalam kondisi siap operasi. Selama lintas laut para awak KRI pun siap secara fisik dan profesional dengan terus berlatih selama melaksanakan operasi” kata Komandan KRI Banjarmasin 592.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Abdul Rasyid, S.E., M.M. mengatakan bahwa salah satu tugas pokok Kolinlamil yaitu melaksanakan pergeseran pasukan, material dan logistik TNI guna mendukung operasi TNI, termasuk kali ini dalam mendukung Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan.

“Kapal perang Kolinlamil dari selalu siap mendukung Pergeseran pasukan maupun logistik dari suatu Pangkalan Angkatan Laut, Pelabuhan Umum, Pantai ke Pangkalan Angkatan Laut atau ke Pelabuhan Umum dan pantai lainnya di seluruh wilayah Indonesia, hal ini sesuai dengan Pepres 66 tahun2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia” jelas Panglima Kolinlamil.

KRI Banjarmasin 592 adalah kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) yang merupakan hasil karya anak bangsa dibangun di galangan PT PAL, dan bergabung resmi di Angkatan Laut pada tanggal 28 November 2009.

Selain sebagai kapal angkut pasukan, ranpur dan material juga mempunyai kemampuan docking dan undocking dalam rangka memproyeksikan kekuatan dari laut ke darat melalui landing craft unit, baik dalam operasi amphibi maupun operasi lainnya.

(Red. WNR/Dispen Kolilamil).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page