IPC Priok Terapkan Marine Operating System Tunda dan Pandu - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Oktober 03, 2018

IPC Priok Terapkan Marine Operating System Tunda dan Pandu


JAKARTA TANJUNG PRIOK (wartanasionalraya.com)- Dalam melakukan pembenahan proses bisnis pelayanan jasa kepelabuhan berbasis teknologi digital (Digital Port System), PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pelabuhan Tanjung Priok melakukan Go-Live implementasi Marine Operating System (MOS) tanggal yang terintegrasi dengan aplikasi pelayanan Kapal, aplikasi MOS ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap system layanan kapal Inaportnet Kementerian Perhubungan.

General manager (GM) IPC Tanjung Priok , Mulyadi mengatakan MOS merupakan sistem yang didesain guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan pemanduan dan penundaan kapal mulai dari Resources Management, Planning Scheduling Deployment, Resources Optimizer, Order Dispatching, Order Executing, Free Movement, Monitoring Controlling & Reporting dan System Interconnectivity.

Selama ini layanan Pemanduan (Towage dan Pilotage) dilakukan secara manual, sehingga untuk mewujudkan IPC sebagai World Class Port Operator perlu Operational Excellence. Layanan Pemanduan menjadi salah satu layanan yang mendapatkan perhatian khusus dalam rangka mewujudkan visi dan misi IPC, “ Ujar Gm Mulyadi..

Benefit yang diperoleh setelah implementasi MOS, jelas Mulyadi, adalah memberikan kemudahan dan efisiensi bagi planner dalam optimalisasi dan penyesuaian kebutuhan kapal terhadap resource, Real time record pelayanan, adanya status track dan tracing resources, berkurangnya running hours dan meningkatkan efisiensi pergerakan untuk tug boat dan efisiensi perjalanan untuk pilot boats, penghematan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Pelumas baik Tug Boat maupun Pilot Boat dan Meningkatkan governance.

“Masing-masing petugas Driver car, Pandu dan Tug boat dilengkapi fasilitas iPad (Launch Mobile App) menerima job order dari Marine Control Centre (MCC) .Setelah realisasi pekerjaan Launch master ,Job planner perlu mengetuk "Ok" untuk melihat detail pekerjaan, konfirmasi akan dikirim ke Job Planner setelah Launch master tap pada "Ok". Khusus untuk petugas pandu memasukkan nama Shipmaster dan meminta tanda tangan induk Kapal (Built-in On Screen Signature/Digital Sign-Off),” ungkap GM Mulyadi. (Sherina/WN.Com)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page