Indonesia PORT Corporation Catat Laba Bersih 1,21 T - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, Agustus 16, 2018

Indonesia PORT Corporation Catat Laba Bersih 1,21 T


TANJUNG PANDAN (Wartanasionalraya.com) – IPC atau Indonesia Port Corporation mencatat laba bersih sebesar Rp 1,21 Triliun pada semester I 2018. Capaian laba tersebut meningkat 18 % dibanding semester  I  2017, yang tercatat sebesar Rp 1,02 Triliun.

“Pendapatan usaha IPC pada semester I (Januari-Juni) mencapai Rp 5,35 Triliun. Naik 8,18 % dibanding perolehan semester  I 2017 yang tercatat sebesar Rp 4,93 Triliun. Dengan capaian ini, kami yakin target pendapatan dan laba korporasi 2018 dapat tercapai, di mana pendapatan usaha ditarget naik 13,29 % , dari Rp 10,91  menjadi Rp 12,36 Triliun pada 2018,” ujar Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya, saat memaparkan capaian IPC semester I 2018, pada Media Gathering hari ini di  Tanjung Pandan, Belitung.

Elvyn menjelaskan, EBITDA IPC sementer I tahun naik 12,85 %, dari Rp 1,85 Triliun menjadi  Rp 2,09 Triliun. Sedangkan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) berhasil ditekan 2,34 %, dari Rp 69,79 Triliun menjadi Rp 68,15 Triliun.“Ini menunjukan bahwa performa IPC semakin efisien,”jelas nya.

Sisi operasional, jumlah peti kemas yang keluar masuk pelabuhan sepanjang semester I meningkat 10,18 %, dari 3,28 juta TEUs menjadi 3,62 juta TEU s. Jumlah kapal yang keluar masuk juga bertambah 10,68 % , dari 94,58 juta Gross Tonnage (GT), menjadi 104,68 juta GT.
Sementara itu, arus barang non peti kemas mengalami penurunanan 1,82 % , dari 27,97 juta Ton menjadi 27,44 juta Ton. Di sisi lain, jumlah penumpang meningkat 21,85 %, dari 260,42 ribu menjadi 317,31 ribu penumpang.

Dalam kesempatan tersebut, Elvyn juga menyampaiakan capaian dan progres korporasi di masing-masing direktorat.

“IPC mengimplementasikan Pelindo Incorporated yaitu strategi korporasi yang akan memberikan dampak positif baik bagi Anak Perusahaan yang terlibat maupun masing- masing Induk Perusahaan dengan memperluas wilayah operasi; memperbesar kapasitas finansial dan akses pendanaan; memperkuat kapabilitas produksi dan pemasaran; standardisasi fasilitas, sistem IT dan pelayanan jasa serta meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan. Salah satu bentuk Pelindo Incorporated yaitu IPC melakukan kerjasama dengan Pelindo I untuk mengoperasikan pengelolaan Pelabuhan Batu Ampar.” katanya.

Semester II tahun ini, IPC mulai menggunakan aplikasi Customer Relationship Management untuk menciptakan value bagi pelanggan dan menerapkan strategi solusi yang lebih proaktif.
IPC juga meluncurkan IPC Smart Card yaitu kartu elektronik yang digunakan sebagai kartu akses masuk gerbang Pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan kartu ini, selain transaksi menjadi cashless atau tanpa uang tunai, perekamannya juga menjadi lebih akurat. Pada tahap berikutnya, penggunaan kartu ini juga akan di terapkan di Cabang Pelabuhan IPC lainnya.

“Dengan progres dan capaian ini, kami optimis, tahun 2020, IPC betul -betul memantapkan posisinya sebagai digital port, sebagaimana VISI Perseroan yakni menjadi perusahaan  pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan,” tegas Elvyn.

Ditambahkan Dirut Elvyn, partisipasi korporasi dalam memeriahkan HUT RI ke 73. “Tahun ini, IPC memusatkan perayaan HUT RI di Cabang IPC yakni Tanjung Pandan Kepulauan Belitung, yang melibatkan berbagai pihak, dan tentunya juga segenap warga Belitung. Rangkaian kegiatan acaranya antara lain Donor Darah, Bersih Lingkungan, dan Jalan Sehat IPC 2018 serta acara hiburan dengan menyiapkan berbagai hadiah menarik untuk warga Belitung,” kata Direktur Utama Elvyn G Masassya. (WN).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page