Tiga Ribu Pohon Ditanam di Jakarta Utara dalam Rangka Birukan Langit Jakarta Bersama Presiden RI - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, November 28, 2023

Tiga Ribu Pohon Ditanam di Jakarta Utara dalam Rangka Birukan Langit Jakarta Bersama Presiden RI


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) -- Sebanyak tiga ribu pohon ditanam serentak di berbagai lokasi di Jakarta Utara, Rabu (29/11). Penanaman pohon digiatkan dalam rangka mengikuti rangkaian penanaman pohon bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bertajuk Taman Pohon Bersama Birukan Langit Jakarta, di Hutan Kota JIEP, Jakarta Timur. 


Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim memastikan tiga ribu pohon ditanam di kantor pemerintahan, waduk, fasilitas kesehatan, dan sekolah. Jenis pohon yang ditanam antara lain tanaman pelindung, seperti Mahoni, Ule, dan Tabebuya, serta tanaman produktif, seperti mampu, rambutan, hingga petai. 


"Penanaman ini mengajak aparat pemerintah, TNI, Polri, swasta, dan juga masyarakat. Lokasinya di kantor pemerintah, RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah), Puskesmas, dan juga sekolah," kata Ali Maulana Hakim saat ditemui di Plaza Barat, Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (29/11). 


Ali menerangkan, penanaman pohon ini menjadi momentum gerakan Masyarakat terhadap keasrian lingkungan. Tentunya pohon yang ditanam saat ini menjadi manfaat bagi generasi penerus yang lebih sehat. 


"Kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk lebih menggiatkan dan menggerakkan masyarakat supaya aktif dan sadar untuk mari kita bersama-sama Birukan Langit Jakarta, dengan salah satunya menanam pohon sebanyak banyaknya di lingkungan kantor, rumah, dan juga sekolah supaya lingkungan hijau dan meninggalkan lingkungan yang asri untuk generasi penerus yang lebih sehat," terangnya. 


Ali mengulas upaya lain dalam membirukan langit Jakarta di Jakarta Utara antara lain dengan Uji Emisi kendaraan bermotor, imbauan service kendaraan bermotor secara berkala, hingga ajakan menggunakan transportasi umum. 


Sedangkan dalam periode satu tahun terakhir, Oktober 2022 sampai dengan Oktober 2023, tercatat sebanyak 31.133 pohon ditanam di Jakarta Utara. 


"Penanaman pohon ini salah satu dari aksi Birukan Langit Jakarta di Jakarta Utara. Upaya lain kami ada Uji Emisi kendaraan bermotor, ajakan menggunakan transportasi umum, sampai dengan ajakan dan mencontohkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," tutupnya. 


Berikut lokasi dan jumlah pohon yang ditanam di Jakarta Utara dalam rangka Tanam Pohon Bersama Birukan Langit Jakarta :


- 20 pohon di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara. 


- 50 pohon di Waduk Pluit. 


- 100 pohon di fasilitas kesehatan (Puskesmas dan RSUD). 


- 400 pohon di fasilitas pendidikan Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 dan Wilayah 2 (SD, SMP, SMA, dan SMK).


- 551 pohon di Kecamatan Cilincing. 


- 478 pohon di Kecamatan Koja. 


- 236 pohon di Kecamatan Kelapa Gading. 


- 238 pohon di Kecamatan Pademangan.

 

- 556 pohon di Kecamatan Tanjung Priok. 


- 391 pohon di Kecamatan Penjaringan.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page