Sejumlah 133 Kader Jumantik di Wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara Dikukuhkan - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, Oktober 19, 2023

Sejumlah 133 Kader Jumantik di Wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara Dikukuhkan


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Sebanyak 133 kader juru pemantau jentik (jumantik) dan korlap jumantik di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara telah resmi dikukuhkan. Lurah Rawa Badak Utara, Nani menyatakan bahwa kader jumantik sebagai ujung tombak dan perpanjangan tangan dari petugas kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 


"Setelah dikukuhkan, mereka bisa segera melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya kemudian bertanggung jawab sesuai tugas dan dan fungsinya sebagai kader jumantik," ungkap Nani saat dikonfirmasi, Kamis (19/10). 


Untuk menekan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah, ratusan kader jumantik yang bertugas di lingkungan masyarakat dapat mengoptimalkan perannya dalam memantau segala tempat yang berpeluang menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk aedes aegypti. 


Lurah Rawa Badak Utara juga mengimbau kepada seluruh warga agar ikut berpartisipasi langsung dalam mencegah peredaran nyamuk aedes aegypti dengan rutin melaksanakan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di setiap minggunya. 


"Ini adalah tugas kita semua, minimal kita rutin mengecek dan membersihkan tempat penampungan air di lingkungan rumah agar terhindar dari penyakit DBD. Selain itu, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam keseharian. Itu sangat penting dilakukan karena berdampak bukan hanya untuk diri kita sendiri tapi juga orang lain," tegasnya. 


Berbagai perlengkapan pendukung juga telah disiapkan untuk memfasilitasi para kader jumantik dalam menjalankan tugas-tugasnya di lingkungan masyarakat. "Perlengkapan yang diberikan untuk kader jumantik seperti baju, jilbab, senter, tas, dan topi," tambah Nani. 


Saat pelaksanaan acara pengukuhan kader jumantik se-Kelurahan Rawa Badak Utara sekaligus skrining TB dan PTM yang berlangsung di Halaman Kantor Lurah Rawa Badak Utara itu juga dihadiri oleh Camat Koja, Samsu Rizal Khadafi, Subkoordinator Urusan Kesehatan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Bagian Kesejahteraan Rakyat Setko Administrasi Jakarta Utara, Sugiman serta unsur terkait lainnya.



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page