Dukung Stop BABS di Kelurahan Pegangsaan Dua, Tangki Septik Komunal dan Individu Akan Dibangun di Rumah Warga - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, September 07, 2023

Dukung Stop BABS di Kelurahan Pegangsaan Dua, Tangki Septik Komunal dan Individu Akan Dibangun di Rumah Warga


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Utara & Kelurahan Pegangsaan Dua berencana membangun Tangki Septik (Septic Tank) Komunal dan Individu di RT 04 dan RT 05, RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading. Pembangunan tangki septik tentunya sebagai upaya dalam mendukung gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Provinsi DKI Jakarta.


Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Perumahan dan Kawasan Permukiman, Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Utara, Ambia Aminullah Kamil mengatakan rencana pembangunan tangki septik merupakan program Community Action Plan (CAP) Tahun 2023 yang pembangunannya di tahunyang sama ini merupakan pilot project untuk memicu pembangunan pembangunan Septic Tank di 4 lokasi RW Kumuh lainnya pada tahun mendatang. 


Pembangunan ini menyasar pada kawasan yang selama ini belum memiliki tangki septik yang menyebabkan limbah tinja langsung dibuang ke saluran air.


“Lokasi pembangunan yang diusulkan pembangunan tentunya merupakan kawasan permukiman yang selama ini belum memiliki tangki septik sehingga santitas limbah tinja dibuang langsung ke saluran air,” kata Ambia Aminullah Kamil saat dikonfirmasi, Kamis (7/8). 


Sesuai dengan konsep CAP, dijelaskannya pembangunan tangki septik ini melibatkan peran sinergitas Penta Helix antara Pemerintah, Sektor Swasta, Akademisi, Komunitas atau Masyarakat, dan Media. 


Tangki Septik Komunal yang merupakan wujud CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. Astra Honda Motor, akan dibangun di RT 04 yang mengakomodir sanitasi tiga rumah warga, sedangkan Tanki Septik Individu akan dibangun di dua rumah warga di RT 05. Tangki septik yang dibangun memiliki teknologi Biofilter, yang mana hasil pembuangan hanya menghasilkan sedikit lumpur sehingga tergolong mudah perawatannya.


“Rencananya pembangunan tangki septik ini akan dibangun sekitar tanggal 9 atau 10 Septerber 2023. Kurang lebih dikerjakan selama dua minggu,” jelasnya.


Lurah Pegangsaan Dua, Vera Fitria mengapresiasi program CAP yang akan terlaksana di Kelurahan Pegangsaan Dua. Pembangunan Tangki Septik ini dapat mendukung Kecamatan Kelapa Gading terbebas dari BABS. 


“Dari tiga Kelurahan di Kecamatan Kelapa Gading, Kelurahan Pegangsaan Dua ini yang belum mendeklarasikan Gerakan Stop BABS. Dengan adanya program ini maka dapat mendukung Kecamatan Kelapa Gading terbebas dari BABS,” tutupnya.



(Hamron/Red. WNR).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page