Kepala.BIN : AMN Menjadi Pusat Lahirnya Calon Pemimpin Bangsa - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, November 29, 2022

Kepala.BIN : AMN Menjadi Pusat Lahirnya Calon Pemimpin Bangsa

 


Jakarta - (wartanasionalraya.com)

Pembangunan Arama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang berlokasi di Jawa Timur sudah rampung dan telah  diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa (29/11/2022)

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) adalah wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan, dan agama yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari berbagai perguruan tinggi.

Kapasitas tampung AMN Surabaya adalah 540 mahasiswa. Saat ini telah dihuni oleh 410 mahasiwa dari perguruan tinggi negeri Surabaya yaitu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Negeri Surabaya. Sementara itu, dari komposisi gender, penghuni AMN Pria 262 (63 persen) dan Wanita 150 (37 persen). Sedangkan dari segi komposisi etnik, mahasiswa OAP sebanyak 166 (40 persen), dengan dincian Pria 127 (77 persen) dan Wanita 39 (23 persen), 

Pengelolaan AMN meliputi pembinaan penghuni Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek yang melibatkan BIN, BPIP, TNI, Polri, Kemenpora, Pemprov, dan K/L terkait.

Badan Intelijen Negara (BIN) yang saat ini dikepalai oleh Jenderal Polisi (purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. akan menjadi leading sector dalam program pembinaan kebangsaan untuk mahasiswa penghuni AMN sebagai calon-calon pemimpin bangsa kedepan.

“Semoga Asrama Mahasiswa Nusantara ini menjadi salah satu pusat lahirnya calon-calon pemimpin bangsa di masa dating yang berdaya saing tinggi, mempunyai semangat bela negara, rasa kebangsaan kuat dalam bingkai NKRI, serta setia kepada Pancasila dan konstitusi UUD 1945,” Kata Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si.

Program pembinaan yang dilakukan oleh BIN di AMN akan menjadi wadah yang dapat mencerminkan indahnya kebhinekaan di antara beragam perbedaan dari setiap mahasiswa yang akan menempati bangunan tersebut.

"Program pembinaan akan dilakukan melalui peningkatan kompetensi dan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan, karakter pelajar Pancasila, bela negara, kewirausahaan, kepemimpinan, dan kepeloporan",Ungkap Kepala BIN.

Program pembinaan lainnya berupa olahraga, kesenian, keagamaan, dan pengabdian masyarakat yang diselengarakan dalam rangka mempersiapkan penghuni AMN untuk mengabdi kepada bangsa di kehidupan nyata masyarakat.


(Yadhi s./WNR)

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page