Peluncuran Kaos JU, Inovasi Jakarta Utara Memasyarakatkan Identitas Pantun Betawi - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, Oktober 13, 2022

Peluncuran Kaos JU, Inovasi Jakarta Utara Memasyarakatkan Identitas Pantun Betawi


JAKARTA UTARA

(Wartanasionalraya.com) - Kaos JU resmi diluncurkan sebagai upaya inovasi Kota Administrasi Jakarta Utara memasyarakatkan identitas pantun sebagai kebudayaan Betawi. Berisi lima belas desain pantun, masyarakat dapat membeli Kaos JU di Galeri Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Utara. 


Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, peluncuran Kaos JU berdesain pantun beranjak pada kekhawatiran pudarnya identitas Budaya Betawi khususnya pantun di tengah modernisasi zaman. 


Dengan dituangkannya pantun dalam desain kaos, identitas Budaya Betawi tersebut diyakini lebih memasyarakat karena kaos termasuk pakaian favorit seluruh kalangan masyarakat yang dipakai dalam kehidupan keseharian. 


"Ide awalnya, sejak zaman modernisasi seperti sekarang tentu identitas budaya harus kita jaga, karena khawatir generasi penerus (milenial) bisa melupakannya. Salah satu identitas budaya kita (Budaya Betawi) yaitu pantun yang penyerapannya dari pantun Melayu. Ini sudah kurang memasyarakat jadi kita coba tuangkan pantun ini pada Kaos JU," kata Ali Maulana Hakim dalam acara Pantun Award Jakarta Utara dan Launching Kaos JU Oleh-Oleh Masa Kini, di Lobi Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rabu (12/10). 


Enam pantun yang didesain dalam Kaos JU, dijelaskan Ali berasal dari lima belas nominator terpilih dalam Lomba Pantun Jakarta Utara, yang telah diselenggarakan sejak dua pekan lalu. Pantun terpilih dipastikan telah melalui tahap kurasi sesuai pakem pantun oleh tiga juri kompeten yang diantaranya berasal dari dua pakar pantun Betawi dan satu tim Walikota Administrasi Jakarta Utara.


Di sela-sela acara, Kaos JU berdesain pantun itu pun diperagakan oleh Top Model Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Administrasi Jakarta Utara. 


"Selama dua minggu kita adakan Lomba Pantun Jakarta Utara, ternyata antusias peserta sangat tinggi. Totalnya ada 251 Pantun yang masuk dalam penjurian. Akhirnya kita pilih enam peserta terbaik dari lima belas nominator dan kita beri penghargaan kepada mereka berupa piagam, uang pembinaan dan hadiah," jelasnya. 


Usai diluncurkan, diterangkannya Kaos JU yang berkolaborasi dengan Gue Girang akan dipamerkan di Galeri Dekranasda yang berada di Lobi Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara sebagai opsi Oleh-Oleh khas Jakarta Utara. 


"Kalau mau pesan Kaos JU ada di Galeri Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Utara. Kualitas kaos dan sablonnya bagus. Kaos tidak panas, tidak kaku, dan tersedia beragam warna menarik. Semua isi pantunnya juga menuju kebaikan," tutupnya. 



(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU)..

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page