Cegah Pendangkalan, UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan Bersihkan Eceng Gondok Dari Waduk Pluit - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA INDONESIA

Harian Berita Indonesia


 

-----


=====


 

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Jumat, September 02, 2022

Cegah Pendangkalan, UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan Bersihkan Eceng Gondok Dari Waduk Pluit


JAKARTA UTARA (Wartanasionalraya.com) - Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Penjaringan melakukan pembersihan eceng gondok di Waduk Pluit, Jumat (2/9). Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pendangkalan air di waduk.


"Kami mengerahkan dua alat berat dibantu tujuh orang petugas UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan dalam melakukan pembersihan ini," kata Kordinator Lapangan UPK Badan Air Kecamatan Penjaringan, Nicolas Bouk.


Nicolas menerangkan pihaknya sempat kesulitan saat melakukan pembersihan eceng gondok tersebut.

"Alat berat yang kami miliki sempat kesulitan menjangkau daerah tersebut, karena wilayah Selatan Waduk Pluit tersebut termasuk perairan dangkal. Sebagai upayanya kami berkolaborasi dengan SDA Kecamatan Penjaringan untuk meninggikan permukaan air supaya dapat melakukan pembersihan atau penanganan lebih maksimal," ungkapnya.


Nicolas mengatakan keberadaan eceng gondok tersebut sangat mengganggu dan dapat mendangkalkan waduk.

"Kami juga mendapatkan laporan warga yang mengeluh adanya aroma tidak sedap yang keluar dari keberadaan eceng gondok tersebut. Dengan dilakukannya pembersihan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya pendangkalan yang mengakibatkan kurangnya daya tampung air, hilangnya aroma tidak sedap, dan yang terpenting dapat menghadiri eceng gondok masuk ke pompa air. Kalau pompa air macet ditakutkan mengganggu kinerja pompa membuang air ke laut. Kami mulai melakukan pembersihan kemarin Kamis (1/9), diperkirakan akan selesai empat hari ke depan atau kurang lebih pada hari Selasa (5/9)," tuturnya.

.


(Hamron/Red. WNR/Kominfo.TIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page