Walikota Jakut Panen Sayuran Bersama Warga RW 06 Cilincing - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, Maret 24, 2022

Walikota Jakut Panen Sayuran Bersama Warga RW 06 Cilincing

 


JAKARTA UTARA (Wartanasionaloraya.com) -
Kelompok Tani Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Nusa Indah RW 06 Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing menggelar acara panen sayuran kangkung, bayam, dan buah melon golden alisha. Dengan memanfaatkan lahan fasos dan fasum, warga RW 06 terus berupaya mengembangkan sistem urban farming di lingkungannya.


 

Acara panen sayuran juga dihadiri oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim didampingi Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Utara, Unang Rustanto, Camat Cilincing, Muhammad Andri, Lurah Cilincing, Sumarno, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Cilincing, Linda Dewi, dan unsur lainnya.


 

"Hari ini, ada kegiatan panen bersama warga RW 06 Cilincing di lahan fasos fasum. Setiap tiga minggu sekali, warga berhasil memanen beragam sayuran dan dipasarkan ke warga sekitar. Ada sayuran kangkung, bayam, terong, cabe, pakcoy, melon, dan lainnya. Tadi juga sempat nyobain buah melon golden alisha dan rasanya manis," ungkap Ali Maulana Hakim saat ditemui di Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (24/3).

 


Ia menambahkan untuk sekali panen sayuran bisa mencapai 50 kg. "Saat ini, memang belum menambah penghasilan keluarga tapi paling tidak untuk kelangsungan urban farming dimana sudah ada kelebihan dari hasil penjualan dan digunakan kembali untuk modal pembelian bibit, perawatan, dan lain-lain," ujarnya.


 

Pada kegiatan tersebut, Walikota juga memberikan apresiasi kepada warga RW 06 Cilincing yang berkontribusi dalam pengembangan urban farming di lingkungan RT/RW. "Terlihat ada semangat yang tinggi dari mereka semua untuk terus mengembangkan urban farming di lingkungannya sehingga ketahanan pangan keluarga dapat terjaga," tuturnya.


 

Sementara itu, Lurah Cilincing, Sumarno menjelaskan Kelompok Tani P2L Nusa Indah RW 06 Cilincing sudah terbentuk sejak tahun 2020. "Mereka juga sudah mengikuti pelatihan teknik menanam dari Sudin KPKP Jakarta Utara. Hasil pelatihan yang didapatkannya langsung diterapkan untuk mengelola urban farming di lingkungan RW 06 Cilincing. Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi warga di lingkungan RW lainnya," harapnya.



(Hamron/Red. WNR/KOMINFOTIK JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page