Puskesmas Kecamatan Cilincing Tingkatkan Layanan Kesehatan Untuk Warga Rusunawa Marunda - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Rabu, Maret 23, 2022

Puskesmas Kecamatan Cilincing Tingkatkan Layanan Kesehatan Untuk Warga Rusunawa Marunda


JAKARTA UTARA (Wartanasionalraya.com) 
- Jajaran Puskesmas Kecamatan Cilincing bergerak cepat melakukan upaya penanganan kesehatan bagi warga yang terdampak polusi debu batu bara di wilayah Kelurahan Marunda. 


Adapun langkah antisipasi yang telah dilakukan diantaranya membuka pos kesehatan sementara di wilayah Rusunawa Marunda, pemeriksaan kesehatan terintegrasi skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), dan pemeriksaan kesehatan door to door. Rusunawa Marunda juga sudah memiliki pos kesehatan definitif yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, asisten apoteker, dan admin sedangkan kesehatan lingkungan maupun petugas gizi bergabung dengan Puskesmas Kelurahan Marunda. 


"Pekerja yang terpapar debu batu bara berisiko tinggi menderita penyakit seperti pneumokoniosis, silikosis, pneumokoniosis debu campuran, penyakit paru obstruktif kronis, dan bronkitis kronis. Paparan terhadap debu batu bara akan menjadi inflamasi di alveolus yang menyebabkan kerusakan paru yang bersifat ireversibe," ungkap Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Dian Anggrainy saat dikonfirmasi, Rabu (23/3). 


Saat pelaksanaan skrining kesehatan di area Rusunawa Marunda, ia mengungkapkan sebagian besar pasien mengeluhkan pegal-pegal pada badan, kesemutan, pusing dan beberapa ada yang batuk pilek. Keluhan gatal juga ditemukan namun sebagian besar karena faktor alergi. 


Selain itu, juga ditemukan adanya penyakit infeksi saluran pernafasan akut, penyakit kulit, iritasi mata, dan penyakit lainnya. "Untuk diagnosis tersebut belum dapat dipastikan apakah karena dampak dari debu batu bara karena itu membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut," tegasnya. 


Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing juga mengimbau kepada masyarakat Marunda untuk tetap konsisten dalam penerapan protokol kesehatan dan perilaku hidup CERDIK (Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Berolahraga, Diet Gizi Seimbang, Istirahat Cukup, Kelola Stress). 


"Hari ini, kita juga mengadakan kegiatan skrining kesehatan di RPTRA Gabus Pucung, Blok A Rusunawa Marunda untuk mengetahui perkembangan kesehatan warga setempat. Ada puluhan warga yang datang untuk memanfaatkan layanan kesehatan ini. Sebelumnya, kegiatan ini juga sudah dilakukan di Blok C dan D," tambahnya.


(Hamron/Redaksi WNR/Kominfotik. JU).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page