Merger Pelindo I-IV Percepat Standarisasi Operasional - WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

WARTA NASIONAL RAYA | HARIAN BERITA UMUM INDONESIA

Harian Berita Umum Indonesia


 

-----


=====

Breaking

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, September 30, 2021

Merger Pelindo I-IV Percepat Standarisasi Operasional


JAKARTA (wartanasionalraya.com) Sejak Tahun 1992 ada empat BUMN Pelabuhan yang berperan dalam pengembangan dan operasional pelabuhan nasional yaitu PT Pelindo I-IV yang memiliki cakupan wilayah operasi masing-masing. Namun terpisahnya BUMN Pelabuhan ini berkontribusi pada tantangan industri pelabuhan nasional.


Tantangan tersebut antara lain: operasi yang kurang efisien dan tidak terstandar, kurangnya koordinasi antar pelabuhan nasional yang menyebabkan adanya kapasitas berlebih di beberapa lokasi serta pengembangan infrastruktur pelabuhan yang belum optimal termasuk terminal, akses menuju ke/dari terminal, dan fasilitas pendukung lainnya.


Dalam rangka mewujudkan industri pelabuhan nasional yang lebih kuat, pemerintah lewat Kementerian BUMN memutuskan untuk menggabungkan Pelindo I-IV menjadi satu Pelindo.


Penggabungan Pelindo ini bertujuan untuk mempercepat standarisasi operasional Pelabuhan. Selain itu adanya satu Pelindo akan memudahkan koordinasi pemerintah dalam membangun infrastruktur Pelabuhan dan pengembangan konektivitas untuk hinterland di wilayah Indonesia barat sampai Indonesia Timur.


(RED.WNR Jkt).

Tidak ada komentar:

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Page